• Jln. Pasir Kandang No 4 Bukittinggi

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email fhut@umsb.ac.id

Mahasiswa Fakultas Kehutanan UMSB Mengadakan Magang di Perhutanan Sosial

Arahan Kasubag Rumah Tanggah KPHL Pasaman Raya

[Personalia,Fahutan] Pasaman (09/03/2021) Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Kembali melaksanakan program magang di perhutanan sosial di unit pelaksana teknis Lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dan Taman Nasional Kerinci Seblat di Sungai Penuh Provinsi Jambi. untuk magang kali ini diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2020 yang berjumlah lebih kurang 30 orang. magang ini dilaksanakan d UPT Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat diantaranya KPHL Pasaman Raya Kabupaten Pasaman, HTR KTH Giat Bersama Tapan Kabupaten Pesisir Selatan, KTH Minang Saiyo Kabupaten Sijunjung, LPHN Sungai Buluh Batang Anai Padang Pariaman, HKM RTH Tak Boncah Kota Sawahlunto, LPHN Sariak Alahan Tigo Kabupaten Solok, KTH Sikayan Balumuik Kota Padang dan TNKS Sungai Penuh Jambi.

Program magang yang dilakukan pada libur semester ganjil TA 2020/2021 merupakan langkah aksi nyata program Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat. beberapa hari sebelum pelaksanaan program magang ini, telah dilaksanakan bimbingan teknis pengelolaan perhutanan sosial dengan arahan langsng dari Kepala Dinas Kehutanan Prov. Sumatera Barat dan tenaga ahli dari Dinas tersebut. 

Sejak diimplementasikannya Perhutanan Sosial (PS) di Sumatera Barat,hingga saat ini terdapat 138 perizinan dengan luas areal 205.773 hektar. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memiliki komitmen yang tinggi terhadap kegiatan Perhutanan Soaial,hal ini terlihat dari terbitmya Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 52 Tahun 2018 tentang Fasilitasi Perhutanan Sosial. Pasal 13 mencantumkan secara eksplisit keterlibatan Perguruan Tinggi dalam kelembagaan Kelompok Kerja Perhutanan Sosial. Hal ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,dimana akademisi bukan hanya bertanggung jawab pada pendidikan,penelitian,namun juga memiliki tanggung jawab dalam pengabdian pada masyarakat. Untuk mengakomodir hal tersebut,sejak semester awal para mahasiswa sudah dikenalkan dengan apa itu Perhutanan Sosial (PS) ,yaitu salah satunya adalah Magang Perhutanan Sosial oleh Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).
 
 
 
Pada hari ini Selasa tanggl 9 Maret 2021 UPTD KPHL Pasaman Raya @dinaskehutanansumbar memberikan pembekalan awal sekaitan dengan magang PS kepada adik adik mahasiswa yang di Pimpin langsung oleh Kasubag Tata Usaha dan Kasi PKSDAE & PM. Harapannya dengan pembekalan ini mahasiswa yang magang tahu tentang apa itu perhutanan sosial sebelum turun ke kelompok PS. Diakhir acara, harapan dari KPHL agar adik adik mahasiswa dapat mengambil ilmu dari magang tersebut.
 
 
 
SHARE KE: